Kamis, 13 Desember 2012


Tahukah anda jenis chipset apa yang dipakai kebanyakan produsen smartphone/tablet lokal Indonesia? Chipset yang digunakan merupakan produk china yaitu buatan MediaTek. Prosesor mobile ini juga dipakai oleh kebanyakan produsen china tidak terkecuali pabrikan ternama Lenovo.

Belum lama ini MediaTek meluncurkan produk terbaru mereka yang bernama MT6589. Ini merupakan Prosesor chip SoC Quad core berbasis teknologi ARM Cortex-A7. Direncanakan prosesor ini sudah akan dipakai berbagai produsen Smartphone maupun Tablet di awal tahun 2013. Meskipun Chipset ini berotak Quad core namun kemampuannya tak lebih Chipset yang telah beredar di pasaran seperti NVidia Tegra 3, Smasung Exynos apalagi Qualcomm Snapdragon S4 pro.

Namun di banding dari segi harga MT6589 terbilang cukup murah untuk kemampuan Quad core yang tidak begitu mengecewakan. Dan pastinya melihat dari segi ini para produsen yang menginginkan Smartphone ataupun tablet kelas high end dengan harga murah dipastikan akan mengusung Chipset ini.

Mediatek MT 6589 telah mendukung 802.11n WiFi, Bluetooth 4.0, GPSS, FM radio, serta jaringan HSPA+ bahkan model LTE. Sesuai tuntutan pasar Asia maka chipset ini mendukung mode dual-SIM dual-aktiveselain. GPU yang dipakainya juga cukup mumpuni, yakni PowerVR Series5XT GPU dari Imagination Technologies.

MT6589 mendukung playback video 1080p 30fps/30fps dengan kemampuan recording yang sama, serta mendukung kamera 13-megapixel dengan integrated ISP. Nampaknya prosesor ini telah dirancang untuk pasar 2013, ini terlihat dari dukungan LCD sampai resolusi FULLHD (1920 by 1080) , bahkan juga mendukung enhanced picture processing untuk DTV-grade image quality. Tidak hanya itu, Mediatek juga menjejalkan MediaTek’s “Cool 3D” suite yang memungkinkan kamera dan display stereo 3D, real-time 2D-to-3D conversion dan optimal 3D user interface.

0 komentar:

Posting Komentar